Kasihan…Jadi TKW Tak Digaji 8 Bulan, Kaki Malah Teramputasi


Sidoarjo (beritajatim.com) – Nasib malang menimpa Luluk Kholidah (38), warga Desa Karangrejo Manyar Gresik. Bermaksud menjadi TKW di Malaysia agar menghasilkan uang yang banyak, malah sebaliknya.

Sialnya, usai tak mendapat uang sejak delapan bulan, kini kondisinya malah memperihatinkan karena kakinya teramputasi lantaran mengalami kecelakaan kerja. Parahnya lagi, dia ditelantarkan oleh majikannya yang sadis.

Luluk dideportasi pemerintah Malaysia dalam kondisi kaki cacat dan depresi. Kepulangannya ke Indonesia juga tidak membawa uang sepeserpun. Karena uang hasil kerjanya sebagai pembantu rumah tangga setiap bulan dan dokumen sah tidak diberikan sang majikan.

Luluk ditemukan petugas imigrasi Malaysia di sebuah RS Johor Malaysia setelah ditelantarkan majikan dalam kondisi kaki kiri terputus. “Majikan Luluk juga sepertinya ingin sengaja menghilangkan jejak dengan menyita dokumen sah milik korban,” ujar Raymond J Kusnadi dari aktivis LSM Peduli Buruh Migran Jumat (15/4/2011).

Ucap dia, petugas kesulitan mencari alamat dan identitas majikan korban karena korban juga tidak bisa dimintai keterangan setelah mengalami depresi mental saat berada di RS Johor.

Korban yang berangklat ke Malysia sebagai TKW resmi dengan dokumen lengkap, kini hanya membawa uang sebesar Rp 141 ribu bantuan dari Pemprov Jatim melalui Dinas Sosial. [isa/kun]
Jum’at, 15 April 2011 22:10:38 WIB
Reporter : M. Ismail
Foto: Peduli Buruh Migran

Leave a Reply