Dipulangkan dari Malaysia, TKI Meninggal di RS Koja


TEMPO Interaktif, Jakarta – Nasib malang dialami Samsini, 48 tahun. Tenaga Kerja Indonesia yang baru dideportasi dari Malaysia itu meninggal akibat serangan kanker payudara. “Dia tidak mendapat perawatan selama dalam tahanan di Malaysia,” ujar Lily Pujiati, Koordinator Peduli Buruh Migran (5/9).

Penyakit Samsini baru terdeteksi ketika ia berada dalam Rumah Tahanan Semenyi. Wanita asal Desa Malih Jaran, Kecataman Sakra, Kabupaten Lombok Timur itu ditahan atas masalah dokumen ketenagakerjaan. “Dia dituduh TKI ilegal. Padahal seluruh dokumennya disita oleh majikannya sendiri,” kata Lily.

Kabar tentang Samsini diperoleh dari sejumlah rekan satu selnya. Selama mendekam dua bulan dalam tahanan, kata Lily, Samsini dikabarkan tidak mendapat pengobatan yang serius dari petugas setempat. “Petugas malah memulangkan dia ke Indonesia. Padahal saat itu penyakitnya sudah masuk stadium 4,” ujarnya.

Penyakit Samsini sempat terpantau tim medis di posko tidak lama setelah KM Bukit Raya yang membawanya dari Johor bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 26 Agustus lalu. “Waktu itu kami rujuk ke RS Koja karena penyakitnya sudah sangat parah,” ujar Laily Shofiyah, salah seorang dokter.

Upaya penyembuhan oleh tim dokter berjalan lebih dari sepekan. Namun sayang, ikhtiar itu gagal memulihkan penyakit Samsini. Ia menghembuskan nafas terakhir kemarin sore dan saat ini masih tergeletak di ruang mayat RS Koja. “Rencananya besok akan diterbangkan ke Lombok,” kata Lily.

RIKY FERDIANTO

Minggu, 05 September 2010 | 18:07 WIB

Sumber TEMPO Interaktif:
http://tempointeraktif.com/hg/jakarta/2010/09/05/brk,20100905-276624,id.html

Foto: Peduli Buruh Migran

Leave a Reply