Jenazah TKI Korban Sita Dokumen Dipulangkan


Metrotvnews.com, Lumajang: Jenazah seorang tenaga kerja Indonesia dipulangkan ke kampung halamannya di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/9). Ia meninggal dunia setelah dideportasi bersama 300 TKI lainnya asal Malaysia.

Isak tangis dan raut sedih tak tertahan seketika jenazah Slamet tiba di rumah keluarga. Menurut keluarga, Slamet sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Koja, Jakarta Utara. Slamet menderita stroke dalam perjalanan menuju Tanah Air. Kala itu ia bersama 311 TKI asal Malaysia dinyatakan ilegal.

Ironisnya, kata keluarga Slamet, seluruh TKI sebenarnya mengantongi dokumen resmi. Akan tetapi dokumen tersebut disita majikan mereka. Praktik menyita dokumen itu biasa dilakukan majikan di Malaysia dengan tujuan membuat TKI tidak betah dan berani kabur.

Modus tersebut menuai protes Lembaga Swadaya Peduli Buruh Migran. Menurut aktivis, TKI seharusnya diperkenankan membawa sendiri dokumennya sebagaimana disepakati Pemerintah RI dengan Malaysia. (*****)

Minggu, 5 September 2010 00:49 WIB

Sumber Metro TV: http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/09/05/112574/Jenazah-TKI-Korban-Sita-Dokumen-Dipulangkan-

Foto: Peduli Buruh Migran

Leave a Reply