TKI asal Cianjur Meninggal


Neng Rohayati, buruh migran asal Cianjur ini telah meninggal dunia pada hari Rabu tanggal 21 Januari 2009 pukul 17.05 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara. Neng sempat menjalani perawatan selama 12 hari. Menurut keterangan kawannya sewaktu di penjara Malaysia ia sering mendapatkan penganiayaan, sering dipukul dan dijemur hingga berjam-jam.

Ketika dipulangkan ke Indonesia, Neng dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Kedua kakinya lumpuh, depresi dan sangat lemah. Ia sering berteriak-teriak ketakutan serta tidak mau makan sama sekali. Bahkan alamat pun ia sudah tidak begitu ingat.

Beruntung, Neng sempat menyebut alamat sedikit walaupun tidak lengkap. Peduli Buruh Migran mencoba melacaknya, hingga berhari-hari kami menyebar informasi alamat tersebut namun tidak berhasil menemukannya. Bahkan ketika kami mendapatkan informasi dari pihak rumah sakit ketika Neng meninggal, kami belum bisa menemukan alamatnya yang pasti.

Dari hasil pendampingan selama ini, kami mengingat-ingat apa yang ia ucapkan. Sedikit demi sedikit kami kumpulkan dan kami telusuri, hingga akhirnya kami bekerjasama dengan Polsek setempat dan berhasil menemukan alamatnya. Dan pada tanggal 23 Januari 2009 kami bisa mengantarkan jenazah sampai pada keluarga.

(Lily Pujiati, Koordinator Peduli Buruh Migran)

Foto: Peduli Buruh Migran

Leave a Reply